ADMINISTRASI KURIKULUM


--Kurikulum adalah segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian  tujuan pengajaran dengan titik berat pada usaha meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Kurikulum dalam arti sempit sekali adalah jadwal pelajaran. Kurikulum dalam arti sempit adalah semua pelajaran baik teori maupun praktik yang diberikan kepada siswa selama mengikuti pendidikan tertentu. Kurikulum dalam arti luas adalah semua pengalaman yang diberikan oleh lembaga pendidikan kepada siswa selama mengikuti pendidikan.
--Administrasi kurikulum merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguhserta pembinaan secara komntinu terhadap situasi belajar mengajar secara efektif dan efisien demi membantu tercapainya tujuan pendidikan yang etalah ditetapkan. Scara operasional kegiatan manajemen  kurikulum meiputi 3 pokok kegiatan, yakni kegiatan yang behubungan dngan guru, peserta didik, dan seluruh civitas Akademika (warga sekolah).


- Kegiatan adminsitrasi kurikulum berhubungan tugas guru, peserta didik dan warga sekolah.
1).Kegiatan berhubungan dengantugas guru.
    a. Pembagian tugas guru (struktur program pengajaran, beban mengajar wajib)
       - Wajib bekerja bervariasi sesuai kebijakan daerah berdasan iklim, padatnya lalu lintas, dsb.
       -Beban mengajar maksimum 24 jam/minggu. Ini dapat untuk menghitung kebutuhan guru.
        Misal sekolah dengan 6 kelas, dengan mata pelajaran 2 jam pelajaran seminggu. Maka dibutuhkan guru  2 x  6 x 3 = 36  =    1,5
                                          24               24
(dibulatkan jadi 2).  Artinya perlu guru 2 orang.
   b. (a). Tugas guru dalam mengikuti jadwal pelajaran (jadwal kurikuler, kokurikuler, & ekstra kurikuler).
       (b). Jadwal tatap muka (dikelas) dan non tatap muka (olahraga)
  c.  Tugas guru dalam mengikuti PBM.
       (a). Membuat Persiapan (SAP)
       (b). Melaksanakan pengajaran.
       (c). Mengevaluasi hasil pengajaran.



2).-Kegiatan yang berhubungan dengan  peserta didik (siswa).
   a. Mengikuti dengan tertib jadwal pelajaran.
   b. Mengunjungi perpustakaan.
   c. Mengikuti kegiatan kelompok belajar.
   d. Mengikuti  les tambahan.
   e. Pengisian  daftar kemajuan siswa.
   f. Penyelenggaraan evaluasi hasil belajar.
   g. Laporan hasil evaluasi ( Rapot).
3).-Kegiatan yang berhubungan dengan  warga sekolah.
      Merupakan kegiatan sinkronisasi seluruh kegiatan sekolah, yang kurikuler,ekstrakurikuler, akademik non akademik, hari kerja dan hari libur, karya wisata,, dsb.

-Kegiatan penunjang  PBM.
    a. BP – Kesehatan non fisik.
    b. UKS – kesehatan fisik.
    c. Kelengkapan bahan bacaan.
 -Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun jadwal Pelajaran.
    a. Antara mata pelajaran harus ada selingan agar tidak menjemukan.
    b. Pelajaran jangan terlalu lama. (klas I & II = 30 menit; III & VI = 40 mnt;  SL = 45 mnt).
    c. Masing-masing pelajaran dicarikan waktu yang  sesuai (Banyak mikir waktu pagi).
    d. Diberikan waktu istirahat agar tidak lelah  (3+3+2 atau 3+2+2).
    e. Jangan kegiatan kelas dapat mengganggu kelas sampingnya).
    f. Untuk kelas yang kecil, mungkin mata pelajaran dapat digabung (spt. Olahraga, kesenian, dsb). 
-Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun Program mengajar.
   a. Menghitung pokok bahasan dalam satu semseter.
   b. Menghitung jumlah sub pokok bahasan untuk tiap pokok bahasan.
   c. Menghitung alokasi waktu menurut kurikulum yang berlaku.
   d). Menghitung jumlah jam belajar efektif satu semester (melihat kalender akademik).
   e). Menyususn TIK
   f). Menentukan buku sumber/sumber bahan
   g), Menyusun SP.

-Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan evaluasi hasil belajar.
   a). Menyusun soal test.
   b). Mengawasi jalannya test.
   c).Mengoreksi jawaban siswa.

- Jenis test ada tertulis dan lisan.
-  Bentuk Test tertulis terdiri  :
    a). Tes  essai (uraian).
    b). Test obyektif. (pilihan ganda, benar-salah, isian/melengkapi, menjodohkan, jawab singkat).
-  Guru  harus mengolah data angka hasil test dengan beebrapa cara a. L :
    a). Mencari angka rata-rata kelas.
    b). Menghitung prestasi siswa yang tergolong berhasil baik, sedang, dan kurang.
    c). Menarik kesimpulan bidang studi amna yang mencapai taraf keberhasilan tertinggi, sedang, dan kurang.


    Contoh Susunan Program Pengajaran pada Kurikulum SD & SLTP 1994. 
Ganti yang 2006

                  Jenjang + Kelas
Mt..Pelajaran
S D
SLTP
I
II
III
IV
V
VI
VII
VIII
IX
1. PPKN
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2. Pendd. Agama
2
2
2
2
2
2
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
10
10
10
8
8
8
6
6
6
4. Matematika
10
10
10
8
8
8
6
6
6
5. I P A
-
-
3
6
6
6
6
6
6
6. I P S
-
-
3
5
5
5
6
6
6
7. Ker.tang/kesenian
2
2
2
2
2
2
2
2
2
8. PenJas & Kesehtn
2
2
2
2
2
2
2
2
2
9. Bhs.Inggris
-
-
-
-
-
-
4
4
4
10. MuLok (Beberapa MP)
2
2
4
5
7
7
6
6
6
              Jumlah
30
30
38
40
42
42
42
42
42

     Contoh format/bentuk daftar kemajuan kelas.

Hari /
Tanggal
Jam
Ke-
Kode
Guru
Mata Pelajaran
Bahan Yang Diberikan
Jumlah Siswa
Paraf guru

0






1






2






3






4






5






6






7






050602008
Sumber Bahan / Referensi.
o   E.Mulyasa, Dr, M.Pd; (2002); Manajemen Berbasis Sekolah; PT Remaja Rosdakarya; Bandng.
o   Suryo Subroto,B, Drs; (2002); Proses Belajar dan Mengajar di Sekolah; PT Rineka Cipta; Jakarta; 300 h.
o   Kelvin Seifert; (2007); Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan; (Penerjemah Yusuf Anas); IRCiSod; Jogjakarta; 270 h.
--------------

0 comments:

Post a Comment

Ley's. Powered by Blogger.