ADMINISTRASI KURIKULUM
--Kurikulum adalah segenap
proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengajaran dengan titik berat pada
usaha meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Kurikulum dalam arti sempit sekali adalah jadwal pelajaran. Kurikulum
dalam arti sempit adalah semua pelajaran
baik teori maupun praktik yang diberikan kepada siswa selama mengikuti
pendidikan tertentu. Kurikulum dalam arti luas
adalah semua pengalaman yang diberikan oleh lembaga pendidikan kepada siswa
selama mengikuti pendidikan.
--Administrasi kurikulum merupakan seluruh
proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan
bersungguh-sungguhserta pembinaan secara komntinu terhadap situasi belajar
mengajar secara efektif dan efisien demi membantu tercapainya tujuan pendidikan
yang etalah ditetapkan. Scara operasional kegiatan manajemen kurikulum meiputi 3 pokok kegiatan, yakni
kegiatan yang behubungan dngan guru, peserta didik, dan seluruh civitas
Akademika (warga sekolah).
- Kegiatan adminsitrasi kurikulum berhubungan tugas guru, peserta didik dan warga
sekolah.
1).Kegiatan berhubungan dengantugas guru.
a. Pembagian
tugas guru (struktur program pengajaran, beban mengajar wajib)
- Wajib
bekerja bervariasi sesuai kebijakan daerah berdasan iklim, padatnya lalu
lintas, dsb.
-Beban
mengajar maksimum 24 jam/minggu. Ini dapat untuk menghitung kebutuhan guru.
Misal
sekolah dengan 6 kelas, dengan mata pelajaran 2 jam pelajaran seminggu. Maka
dibutuhkan guru 2 x 6 x 3 = 36 = 1,5
24 24
(dibulatkan jadi 2).
Artinya perlu guru 2 orang.
b. (a). Tugas guru dalam mengikuti jadwal pelajaran (jadwal
kurikuler, kokurikuler, & ekstra kurikuler).
(b). Jadwal
tatap muka (dikelas) dan non tatap muka (olahraga)
c.
Tugas guru dalam mengikuti PBM.
(a). Membuat Persiapan (SAP)
(b). Melaksanakan pengajaran.
(c). Mengevaluasi hasil pengajaran.
2).-Kegiatan yang berhubungan dengan peserta didik (siswa).
a. Mengikuti dengan tertib jadwal
pelajaran.
b. Mengunjungi perpustakaan.
c. Mengikuti kegiatan kelompok
belajar.
d. Mengikuti les tambahan.
e. Pengisian daftar kemajuan siswa.
f. Penyelenggaraan evaluasi hasil
belajar.
g. Laporan hasil evaluasi (
Rapot).
3).-Kegiatan yang berhubungan dengan warga sekolah.
Merupakan kegiatan sinkronisasi seluruh
kegiatan sekolah, yang kurikuler,ekstrakurikuler, akademik non akademik, hari
kerja dan hari libur, karya wisata,, dsb.
-Kegiatan penunjang PBM.
a. BP – Kesehatan non fisik.
b. UKS – kesehatan fisik.
c. Kelengkapan bahan bacaan.
-Hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam menyusun jadwal Pelajaran.
a. Antara mata
pelajaran harus ada selingan agar tidak menjemukan.
b. Pelajaran
jangan terlalu lama. (klas I & II = 30 menit; III & VI = 40 mnt; SL = 45 mnt).
c.
Masing-masing pelajaran dicarikan waktu
yang sesuai (Banyak mikir waktu pagi).
d. Diberikan
waktu istirahat agar tidak lelah (3+3+2
atau 3+2+2).
e. Jangan
kegiatan kelas dapat mengganggu kelas sampingnya).
f. Untuk kelas yang kecil, mungkin mata
pelajaran dapat digabung (spt. Olahraga, kesenian, dsb).
-Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam menyusun Program mengajar.
a. Menghitung
pokok bahasan dalam satu semseter.
b. Menghitung
jumlah sub pokok bahasan untuk tiap pokok bahasan.
c. Menghitung
alokasi waktu menurut kurikulum yang berlaku.
d). Menghitung
jumlah jam belajar efektif satu semester (melihat kalender akademik).
e). Menyususn TIK
f). Menentukan buku sumber/sumber bahan
g), Menyusun SP.
-Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan
evaluasi hasil belajar.
a). Menyusun soal test.
b). Mengawasi jalannya test.
c).Mengoreksi jawaban siswa.
- Jenis test ada
tertulis dan lisan.
- Bentuk Test tertulis terdiri :
a). Tes
essai (uraian).
b). Test
obyektif. (pilihan ganda, benar-salah, isian/melengkapi, menjodohkan, jawab
singkat).
- Guru
harus mengolah data angka hasil test dengan beebrapa cara a. L :
a). Mencari angka rata-rata kelas.
b). Menghitung prestasi siswa yang
tergolong berhasil baik, sedang, dan kurang.
c). Menarik
kesimpulan bidang studi amna yang mencapai taraf keberhasilan tertinggi,
sedang, dan kurang.
Contoh Susunan Program Pengajaran pada
Kurikulum SD & SLTP 1994.
Ganti yang 2006
Jenjang + Kelas
Mt..Pelajaran
|
S D
|
SLTP
|
|||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
VIII
|
IX
|
|
1. PPKN
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendd. Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
10
|
10
|
10
|
8
|
8
|
8
|
6
|
6
|
6
|
4. Matematika
|
10
|
10
|
10
|
8
|
8
|
8
|
6
|
6
|
6
|
5. I P A
|
-
|
-
|
3
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6. I P S
|
-
|
-
|
3
|
5
|
5
|
5
|
6
|
6
|
6
|
7. Ker.tang/kesenian
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8. PenJas & Kesehtn
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9. Bhs.Inggris
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
4
|
4
|
10. MuLok (Beberapa MP)
|
2
|
2
|
4
|
5
|
7
|
7
|
6
|
6
|
6
|
Jumlah
|
30
|
30
|
38
|
40
|
42
|
42
|
42
|
42
|
42
|
Contoh format/bentuk daftar kemajuan
kelas.
Hari /
Tanggal
|
Jam
Ke-
|
Kode
Guru
|
Mata Pelajaran
|
Bahan Yang Diberikan
|
Jumlah Siswa
|
Paraf guru
|
|
0
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
050602008
Sumber
Bahan / Referensi.
o
E.Mulyasa, Dr,
M.Pd; (2002); Manajemen Berbasis
Sekolah; PT Remaja Rosdakarya; Bandng.
o
Suryo Subroto,B,
Drs; (2002); Proses Belajar dan Mengajar di Sekolah; PT Rineka Cipta;
Jakarta; 300 h.
o
Kelvin Seifert;
(2007); Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan; (Penerjemah
Yusuf Anas); IRCiSod; Jogjakarta; 270 h.
--------------
Sunday, January 06, 2013
|
Labels:
administrasi
|
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
about me
Ley's. Powered by Blogger.
Blog Archive
-
▼
2013
(39)
-
▼
January
(31)
- Manusia dan Optimisme
- PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF FILSA...
- Agama Dan Lingkungan
- Teori dan Studi Kepemimpinan
- Kepemimpinan Umar bin Khattab Khalifah Ke-Dua (634...
- Peran, Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah
- HUBUNGAN SYARI’AH & TASAWUF
- HAKEKAT PEMBINAAN AKHLAK TASAWUF
- KOMPONEN AKHLAK TASAWUF
- LATAR BELAKANG TIMBULNYA STUDI TENTANG AKHLAK TAS...
- SUMBER-SUMBER AKHLAK TASAWUF
- PEMBAHASAN TASAWUF
- PEMBAHASAN AKHLAK
- Pentingnya Akhlak
- Akhlak Di Kampus Menurut Agama, Etika, dan Budaya
- PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI KEPADA ANAK
- Pendidikan Karakter
- Makalah Intelegensi
- PENDIDIKAN MORAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN
- HADIS DAN PENGERTIANNYA
- Fungsi dan Jenis Lingkungan Pendidikan
- KURIKULUM SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH IBTID...
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang STANDAR PRO...
- Pengelolaan Pendidikan Taman Kanak-kanak
- PANDUAN KELOMPOK MATA PELAJARAN AGAMA DAN AKHLAK M...
- MANUSIA PARIPURNA
- ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN PERENIALISME
- Makalah Rasa Agama
- Akhlak
- ADMINISTRASI KURIKULUM
- ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN
-
▼
January
(31)
0 comments:
Post a Comment