KURIKULUM SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH IBTIDAIYAH, TSANAWIYAH DAN ALIYAH BERDASAR PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMER 2 TAHUN 2008 TENTANG STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB DI MADRASAH
|
TABEL STRUKTUR KURIKULUM
MADRASAH IBTIDAIYAH, MADRASAH
TSANAWIYAH,
DAN MADRASAH
ALIYAH
I. TABEL STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH IBTIDAIYAH
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV, V
dan VI
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
|
|
|
2
|
b. Akidah-Akhlak
|
|
|
|
2
|
c. Fikih
|
|
|
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
|
|
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
|
|
|
5
|
4. Bahasa Arab
|
|
|
|
2
|
5. Matematika
|
|
|
|
5
|
6. Ilmu Pengetahuan Alam
|
|
|
|
4
|
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
|
|
|
3
|
8. Seni Budaya dan Keterampilan
|
|
|
|
4
|
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
|
|
|
|
4
|
B.
Muatan Lokal *)
|
|
|
|
2
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
|
|
|
2
|
J u m l a h
|
31
|
31
|
33
|
39
|
Keterangan:
1.
Pembelajaran pada kelas I s.d. III dilaksanakan melalui
pendekatan tematik, sedangkan pada kelas
IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
2. *)
Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan
dengan ciri khas dan potensi daerah,
yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
3. **) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh
guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
II.
TABEL STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH
TSANAWIYAH
K o m p o n e n
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
5. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
6. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
7. Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
8. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
9. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
10. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
11. Keterampilan/TIK
|
2
|
2
|
2
|
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
42
|
42
|
42
|
Keterangan:
*) Kegiatan
kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan
(madrasah).
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
III. TABEL STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH ALIYAH
1.
Kelas X
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||
Semester 1
|
Semester 2
|
|||
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
||
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
||
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
||
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
||
c. Fikih
|
2
|
2
|
||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
||
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
||
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
||
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
||
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
||
6.
Matematika
|
4
|
4
|
||
7.
Fisika
|
2
|
2
|
||
8.
Biologi
|
2
|
2
|
||
9.
Kimia
|
2
|
2
|
||
10.
Sejarah
|
1
|
1
|
||
11.
Geografi
|
1
|
1
|
||
12.
Ekonomi
|
2
|
2
|
||
13.
Sosiologi
|
2
|
2
|
||
14.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
||
15.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
||
16.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
||
17.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
||
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
||
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
||
J u m l a h
|
46
|
46
|
||
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang
ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
|
||||
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
|
||||
|
|
|
2.
Program IPA
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
-
|
-
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7.
Fisika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8.
Kimia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9.
Biologi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
10.
Sejarah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
11.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
45
|
45
|
45
|
45
|
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
|
||||
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
|
3.
Program IPS
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|||
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
||
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
||
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
-
|
-
|
||
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
||
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||
6.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||
7.
Sejarah
|
3
|
3
|
3
|
3
|
||
8.
Geografi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
||
9.
Ekonomi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
||
10.
Sosiologi
|
3
|
3
|
3
|
3
|
||
11.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
12.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
14.
Keterampilan/Bahasa Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
||
J u m l a h
|
45
|
45
|
45
|
45
|
||
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah)
|
||||||
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
|
||||||
|
|
|
||||
4.
Program Bahasa
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
-
|
-
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
5
|
4.
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5.
Bahasa Inggris
|
5
|
5
|
5
|
5
|
6.
Bahasa Asing *)
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7.
Matematika
|
3
|
3
|
3
|
3
|
8.
Sastra Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9.
Antropologi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10.
Sejarah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14.
Keterampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B.
Muatan Lokal **)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri ***)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
45
|
45
|
45
|
45
|
Keterangan:
*) Selain Bahasa Inggris,
misalnya Jerman, Mandarin, Perancis, Jepang, Arab.
**) Kegiatan kurikuler untuk
mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah yang ditentukan oleh satuan pendidikan
(madrasah).
***) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan
memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).
5.
Program Keagamaan
K o m p o n e n
|
Alokasi Waktu
|
|||
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
a. Akhlak
|
3
|
3
|
3
|
3
|
b. Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Arab
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9.
Tafsir
|
3
|
3
|
3
|
3
|
10.
Hadis
|
3
|
3
|
3
|
3
|
11.
Fikih
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12.
Ilmu Kalam
|
3
|
3
|
3
|
3
|
13.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14.
Keterampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B.
Muatan Lokal *)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri **)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
J u m l a h
|
45
|
45
|
45
|
45
|
Keterangan:
*) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**) Bukan mata pelajaran tetapi
harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk
mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan
pendidikan (madrasah).
BAB VI
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH
IBTIDAIYAH
LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk
mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh
peserta didik di madrasah adalah Pendidikan Agama Islam, yang dimaksudkan untuk
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama
Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih,
dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada
dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-hadis merupakan
sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak,
syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut.
Akidah (ushuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama.
Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik tolak dari akidah,
yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan
hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan
manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak
merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti
bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah
dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu
menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem
kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan,
kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh
akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan
hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan
bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang
dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama
Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran
tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur’an-hadis, menekankan
pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual
dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.
Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan
keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’
al-husna. Aspek akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih
menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan
baik. Aspek Sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di Madrasah
Ibtidaiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SD/MI, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006
, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa
Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum
dengan standar yang lebih tinggi.
TUJUAN
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan
salah satu mata pelajaran PAI yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan,
peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam
sejarah Islam pada masa lampau, mulai dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam,
sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, sampai dengan masa
Khulafaurrasyidin. Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan
motivasi kepada peserta didik untuk mengenal,
memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung
nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian
peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah
Ibtidaiyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan
sebagai berikut:
a. Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma
Islam yang telah dibangun oleh
Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat
yang merupakan sebuah proses dari masa
lampau, masa kini, dan masa depan;
c.
Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara
benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan
sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e.
Mengembangkan kemampuan peserta
didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam),
meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial,
budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan
kebudayaan dan peradaban Islam.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Ibtidaiyah meliputi :
1. Sejarah masyarakat Arab pra-Islam,
sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.
2. Dakwah Nabi Muhammad SAW dan para
sahabatnya, yang meliputi kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah,
kepribadian Nabi Muhammad SAW, hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif, peristiwa Isra’
Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
3.
Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib, keperwiraan Nabi Muhammad
SAW, peristiwa Fathu Makkah, dan peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW.
4.
Peristiwa-peristiwa
pada masa khulafaurrasyidin.
5.
Sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.
STANDAR KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR
Kelas III,
Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal
sejarah masyarakat Arab pra- Islam
|
1.1
Menceritakan kondisi alam, sosial, dan
perekonomian masyarakat Arab pra-Islam
|
1.2
Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab
pra-Islam
|
|
1.3 Menjelaskan masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad
SAW
1.4 Mengambil ibrah dari sejarah masyarakat Arab
pra-Islam
|
Kelas III, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
2. Mengenal sejarah kelahiran Nabi
Muhammad SAW
|
2.1
Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi
Muhammad SAW
|
2.2
Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW
|
|
2.3 Mengambil ibrah dari kenabian dan
kerasulan Muhammad SAW
|
|
3. Mengenal
peristiwa kerasulan Muhammad SAW
|
3.1.
Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad SAW
3.2
Mengambil ibrah peristiwa kerasulan Muhammad SAW
|
Kelas IV, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW
dan para sahabatnya
|
1.1
Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya
|
1.2
Menunjukkan contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya
dalam berdakwah
|
|
1.3
Meneladani ketabahan Nabi
Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah
|
|
2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad
SAW
|
2.1
Mengidentifikasi ciri-ciri
kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai
rahmat bagi seluruh alam
|
2.2
Menunjukkan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad
SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
|
2.3
Meneladani kepribadian Nabi Muhammad
SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
Kelas IV, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3. Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW
ke Thaif dan Habsyah
|
3.1
Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan
Habsyah
|
3.2
Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif
dan Habsyah
|
|
3.3 Meneladani
kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif dan
Habsyah
|
|
4. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj
Nabi Muhammad SAW
|
4.1
Mendeskripsikan peristiwa Isra’-Mi’raj
Nabi Muhammad SAW
|
4.1 Mengambil
hikmah dari peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW
|
Kelas V, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Yatsrib
|
1.1
Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
|
1.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
|
|
1.3 Mengambil
hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
|
|
2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad
SAW
|
2.1
Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina
masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan)
|
2.1 Meneladani keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam membina
masyarakat Madinah
|
Kelas V, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.
Mengenal peristiwa Fathu Makkah
|
3.1
Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah
|
3.2 Menceritakan
kronologi peristiwa Fathu Makkah
|
|
3.3 Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu
Makkah
|
|
4.
Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
|
4.1
Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW
4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa akhir
hayat Rasulullah SAW
|
Kelas VI, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
|
1.1
Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin
|
1.2
Menceritakan silsilah, kepribadian Abu
Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah
Islam
|
|
1.3
Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar
as-Shiddiq
|
|
1.4
Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq
|
|
2. Mengenal
sejarah khalifah
Umar bin Khattab
|
2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar
bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam
|
2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari khalifah Umar bin Khattab.
|
|
2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Umar bin Khattab
|
|
3. Mengenal
sejarah khalifah Utsman bin Affan
|
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman
bin Affan dan perjuangannya dalam
dakwah Islam
|
3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari khalifah Utsman bin Affan
|
|
3.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Utsman bin Affan
|
Kelas VI, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
4. Mengenal
sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib
|
4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan
perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
|
4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
|
|
4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
|
|
5. Mengenal
sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.
|
5.1
Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing
|
5.2 Menceritakan
sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing
|
|
5.3 Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di
daerah masing-masing
|
ARAH PENGEMBANGAN
Standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
BAB VII
STANDAR
KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH
LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk
mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh
peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama
Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih,
dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada
dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. al-Qur'an-hadis merupakan
sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak,
syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut.
Akidah (usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih
(ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik tolak dari akidah, yakni sebagai
manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup).
Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia
dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek
sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma
yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan
hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup
dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik,
ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan,
dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam
merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam
usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan
sistem kehidupannya yang dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama
Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran
tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. al-Qur'an-hadis, menekankan
pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual
dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.
Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan
keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’
al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih
menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan
baik. Aspek sejarah
kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari
peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan
mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni,
dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD) mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan
cara mempertimbangkan dan me-review
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang
Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMP/MTs, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar
Isi, yang intinya bahwa madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan
mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
TUJUAN
Sejarah Kebudayaan
Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang
asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang
berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan
masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani
ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia. Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi
dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati
sejarah kebudayaan Islam, yang
mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih
kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan
kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
a.
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya
mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam
rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya
waktu dan tempat yang merupakan sebuah
proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
c.
Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta
sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik
terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa
lampau.
e.
Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari
peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan
mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni,
dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
a.
Pengertian dan
tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
b.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
c.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
d.
Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin
e.
Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani
Umaiyah
f.
Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani
Abbasiyah
g.
Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Al
Ayyubiyah
h.
Memahami perkembangan Islam di
Indonesia.
STANDAR KOMPETENSI
DAN KOMPETENSI DASAR
a. Kelas VII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami Sejarah Kebudayaan Islam
|
1.1 Menjelaskan
pengertian kebudayaan Islam
1.2 Menjelaskan
tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3 Mengidentifikasi
bentuk/wujud kebudayaan Islam
|
2.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
|
2.1
Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2
Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW
sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini
dan yang akan datang
2.3
Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
|
3.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
|
3.1
Mendeskripsikan
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi
dan perdagangan
3.2 Mengambil ibrah
dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.3 Meneladani
semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
|
b. Kelas VII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
|
1.1 Menceritakan berbagai prestasi yang
dicapai oleh Khulafaurrasyidin
1.2 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi
yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
1.3 Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin
|
2. Memahami
perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
|
2.1 Menceritakan sejarah berdirinya daulah
Amawiyah
2.2 Mendeskripsikan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan
muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Umaiyah
2.4 Mengambil ibrah dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang
akan datang
2.5 Meneladani kesederhanaan dan
kesalihan Umar bin abdul Aziz
|
c. Kelas VIII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
|
1.1 Menceritakan sejarah berdirinya Daulah
Abbasiyah
1.2 Mendeskripsikan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan
muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Abbasiyah
1.4 Mengambil ibrah dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang
akan datang
1.5 Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani
Abbasiyah
|
d. Kelas VIII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
2. Memahami
perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
|
2.1 Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti
al-Ayyubiyah
2.2 Mendeskripsikan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah
2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan
muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Dinasti Al Ayyubiyah
2.4 Mengambil ibrah dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan
yang akan datang
2.5 Meneladani sikap keperwiraan
Shalahuddin al-Ayyubi
|
e. Kelas IX, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
|
1.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
1.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan
Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1.3 Mengidentifikasi para tokoh dan
perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
1.4 Meneladani semangat para tokoh yang
berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
|
f. Kelas IX, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
sejarah tradisi Islam Nusantara
|
1.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai
bagian dari tradisi Islam
1.1
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat
kesukuan Nusantara
|
ARAH PENGEMBANGAN
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan
landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
BAB VIII
STANDAR
KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH ALIYAH
LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20
Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang
harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam,
yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama
Islam di Madrasah Aliyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih,
dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada
dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadis merupakan
sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak,
syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur
tersebut. Akidah (Usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama.
Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik tolak dari akidah,
yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan
hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan
manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak
merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti
bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah
dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu
menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem
kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan,
Kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh
akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan
hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan
bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang
dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama Islam
(PAI) di Madrasah Aliyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut
memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur'an-Hadis, menekankan pada
kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan
kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek
akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan
yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna.
Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan
menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan
pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek
sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari
peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan
mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni,
dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD) mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah ini dilakukan dengan cara
mempertimbangkan dan me-review
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang
Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMA/MA, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar
Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan
mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
TUJUAN
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah merupakan
salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan,
peranan kebudayaan/ peradaban Islam di
masa lampau, mulai dari dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode
Madinah, kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat, sampai perkembangan
Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M–1250 M, abad
pertengahan/zaman kemunduran (1250 M–1800 M), dan masa modern/zaman kebangkitan
(1800-sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia. Secara
substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan
Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik
untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung
nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian
peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah
Aliyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai
berikut:
a.
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya
mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam
rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya
waktu dan tempat yang merupakan sebuah
proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
c.
Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta
sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik
terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa
lampau.
e.
Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari
peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan
mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni
dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah meliputi :
a.
Dakwah Nabi
Muhammad pada periode Makkah dan periode Madinah.
b.
Kepemimpinan umat
setelah Rasulullah SAW wafat.
c.
Perkembangan Islam
periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M – 1250 M).
d.
Perkembangan Islam
pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M).
e.
Perkembangan Islam
pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang).
f.
Perkembangan Islam
di Indonesia dan di dunia.
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
a. Kelas XII,
Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami keteladanan dakwah
Rasulullah dalam membina umat
|
1.1 Menceritakan
sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.2 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.3 Mengidentifikasi
hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW
dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah
1.4
Mengambil ibrah dari perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
|
2. Memahami
masalah kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat
|
2.1
Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan
pada masa Khulafaaurraasyidiin
2.2
Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin
2.3
Mengambil ibrah
dari kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin untuk kepentingan masa kini dan
yang akan datang
|
3. Memahami
perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M
|
3.1 Menjelaskan
perkembangan Islam pada periode klasik
3.2
Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam pada periode klasik
3.3 Mengambil ibrah
dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan
yang akan datang
3.4
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam pada periode klasik
|
4.Memahami
perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800
M)
|
4.1 Menjelaskan
perkembangan Islam pada abad pertengahan
4.2 Menceritakan
sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan
4.3
Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan
Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan
datang
|
|
|
b. Kelas XII, Semester
|
2
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami perkembangan Islam pada masa modern /zaman
kebangkitan (1800-sekarang)
|
1.
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern
2.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern
3. Mengambil ibrah
dari peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
4.
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam pada masa modern
|
2.
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
|
1.
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
2.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia
3. Mengambil ibrah
dari peristiwa perkembangan Islam di Indonesia
4.
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di Indonesia
|
3.
Memahami
perkembangan Islam di dunia
|
1.
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
2.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia
3. Mengambil ibrah
dari peristiwa perkembangan Islam di dunia
4. Meneladani
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia
|
E. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan
landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Sunday, January 06, 2013
|
Labels:
keprofesionalan guru,
kurikulum
|
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
about me
Ley's. Powered by Blogger.
Blog Archive
-
▼
2013
(39)
-
▼
January
(31)
- Manusia dan Optimisme
- PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF FILSA...
- Agama Dan Lingkungan
- Teori dan Studi Kepemimpinan
- Kepemimpinan Umar bin Khattab Khalifah Ke-Dua (634...
- Peran, Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah
- HUBUNGAN SYARI’AH & TASAWUF
- HAKEKAT PEMBINAAN AKHLAK TASAWUF
- KOMPONEN AKHLAK TASAWUF
- LATAR BELAKANG TIMBULNYA STUDI TENTANG AKHLAK TAS...
- SUMBER-SUMBER AKHLAK TASAWUF
- PEMBAHASAN TASAWUF
- PEMBAHASAN AKHLAK
- Pentingnya Akhlak
- Akhlak Di Kampus Menurut Agama, Etika, dan Budaya
- PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI KEPADA ANAK
- Pendidikan Karakter
- Makalah Intelegensi
- PENDIDIKAN MORAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN
- HADIS DAN PENGERTIANNYA
- Fungsi dan Jenis Lingkungan Pendidikan
- KURIKULUM SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH IBTID...
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang STANDAR PRO...
- Pengelolaan Pendidikan Taman Kanak-kanak
- PANDUAN KELOMPOK MATA PELAJARAN AGAMA DAN AKHLAK M...
- MANUSIA PARIPURNA
- ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN PERENIALISME
- Makalah Rasa Agama
- Akhlak
- ADMINISTRASI KURIKULUM
- ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN
-
▼
January
(31)
0 comments:
Post a Comment