PENDIDIKAN MORAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
Dewasa ini, terjadi banyak gejala-gejala hilangnya moral bangsa. Kejahatan, penipuan, pencurian, penganiayaan pun kian merajalela. Gejala semakin menipisnya moral bangsa terjadi dalam setiap lapisan masyarakat.
Orang dewasa dengan jabatannya para pelajar dengan berbagai penyimpangan yang mereka lakukan. Bahkan gejala-gejala tersebut sering kita temui pada kalangan generasi muda.
Para pelajar yang seharusnya menjadi penerus perjuangan bangsa pada masa yang akan datang pun justru saat ini banyak menunjukkan sikap-sikap dan tingkah laku yang kurang baik.
Oleh sebab itu, penulis memilih topik bahasan pendidikan moral dalam dunia pendidikan agar penulis khususnya dan pembaca pada umumnya dapat mengetahui pendidikan moral dalam dunia pendidikan saat ini.

B.     Rumusan Masalah
Masalah yang muncul dalam penulisan makalah ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan moral dalam dunia pendidikan.

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan moral dalam dunia pendidikan.






BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pendidikan Moral
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan yang diperlukan olehnya.
Moral adalah sesuatu yang abstrak, tidak berwujud tetapi sangat berperan dalam kehidupan manusia.
Dengan demikian, pendidikan moral adalah usaha nyata dalam membentuk moralitas anak didik menjadi generasi bangsa yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral.

B.     Pelaksanaan Pendidikan Moral dalam Dunia Pendidikan
Pendidikan moral sangat perlu bagi manusia, karena melalui pendidikan, perkembangan moral diharapkan mampu berjalan dengan baik, serasi dan sesuai dengan norma demi harkat dan martabat manusia itu sendiri.
Di Indonesia pendidikan moral telah ada dalam setiap jenjang pendidikan. Di sekolah dasar perkembangan pendidikan moral tidak pernah beranjak dari nilai-nilai luhur yang ada dalam tatanan moral bangsa Indonesia yang terpapar jelas dalam pancasila sebagai dasar Negara. Pendidikan moral bertujuan sangat mulia yaitu untuk membentuk anak negeri sebagai individu yang beragama, memiliki rasa kemanusiaan/tenggang rasa demi persatuan menjunjung tinggi nilai-nilai musyawarah untuk kerakyatan serta keadilan hakiki.



C.    Faktor Pendorong Krisisnya Nilai Pendidikan Moral dalam Dunia Pendidikan
Beberapa hal yang mendorong terjadinya krisis nilai moral dalam dunia pendidikan antara lain :
1.      Kurangnya pendidikan moral dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah
Pendidikan moral tersebut dalam prakteknya berjalan kurang efektif dan belum sesuai dengan harapan yang ingin dicapai. Dalam lingkup keluarga, pendidikan moral pertama kali ditanamkan dan lebih cenderung kepada penanaman nilai-nilai kejujuran, dalam segala aspek kehidupan keluarga serta sarana pembentuk kepribadian yang pertama kalinya.
Pendidikan moral dalam masyarakat juga harus memberikan andil terhadap perkembangan seorang individu. Perkembangan moral di sekolah menjadi wahana yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan moral peserta didik.
2.      Pengaruh globalisasi
Adanya globalisasi atau pasar bekas dimana seluruh pelosok dunia dapat bebas berinteraksi tanpa batasan ruang dan waktu, banyak membawa pengaruh-pengaruh yang kurang baik terhadap moral-moral anak bangsa, sehingga hal ini pun mengakibatkan semakin krisisnya moral bangsa, apalagi dalam dunia pendidikan yang notabenya adalah para remaja yang masih sangat mudah terpengaruh oleh hal-hal yang tidak diinginkan sebagai pengkrisisan moral.
3.      Kurangnya peran agama
Pendidikan moral yang paling baik sebenarnya terdapat dalam agama, karena nilai-nilai moral yang dapat dipatuhi dengan kesadaran sendiri tanpa paksaan dari luar, dan keyakinan tersebut ditanamkan sejak kecil.



D.    Faktor Penting Pendukung Pelaksana Pendidikan Moral dalam Dunia Pendidikan
Berdasarkan tujuan pendidikan moral, terdapat tiga faktor penting sebagai pendukung pelaksana pendidikan moral, antara lain :
1.      Peserta didik
Peserta didik sejatinya harus memiliki tingkat kesadaran dan mampu mengembangkan nilai untuk moral dalam dirinya dengan bantuan lingkungan sekitarnya.
2.      Guru atau fasilitator
Guru seogyanya adalah fasilitator yang memberikan kemungkinan bagi siswa untuk memahami dan menghayati nilai moral tersebut.
3.      Agama
Pendidikan nilai moral yang dapat dipatuhi dengan kesadaran sendiri tanpa ada paksaan dari luar, datangnya dari keyakinan beragama yang telah ditanamkan pada diri individu sejak kecil.

E.     Pelaksanaan Pendidikan Moral yang Efekif dalam Dunia Pendidikan
Agar dalam pendidikan moral dapat berjalan dengan proses pelaksanaan efektif, maka terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Pada seseorang pendidik, seharusnya cara penyampaiannya pun harus bermoral pula. Dimana seorang pendidik mulai dari SD sampai PT harus memiliki moralitas yang terdapat dijadikan teladan oleh peserta didiknya. Seorang pendidik harus memiliki akhlak mulia, jujur, bertaqwa, tidak curang, tidak memaksakan kehendak, santun, disiplin, tidak plin-plan, berlaku adil di dalam kelas, keluarga dan masyarakat.
Pendidikan moral dapat dilakukan dengan pendekatan yang bersifat integrated, yaitu dengan melibatkan seluruh disiplin ilmu pengetahuan. Serta harus didukung oleh kemauan, kerjasama yang kompak dan usaha yang sungguh-sungguh dari keluarga, rumah tangga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Yang turut bertanggung jawab terutama mengenai aspek efektifnya melalui mata pelajaran yang diajarkan dan contoh teladan dalam tingkah laku serta perbuatan-perbuatan.
Namun sesungguhnya pengendali moral yang paling penting adalah nilai agama yang telah ditanamkan dalam diri individu sejak kecil. Karena sebenarnya kerusakan-kerusakan yang terjadi saat ini bukan karena kegagalan agama dalam membangun masyarakat yang bermoral, melainkan kegagalan umat memahami pesan moral agama dan keggalan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, demi menyelematkan generasi yang akan datang, perlunya penanaman nilai agama yang lebih efektif.






















BAB III
KESIMPULAN


Pendidikan moral memang sangat diharapkan perbaikannya. Apalagi dalam dunia pendidikan agar seluruh komponen dalam masyarakat terutama pada dunia pendidikan menjadi lebih baik dan dapat mencetak generasi muda yang lebih bermoral.
Semua itu tidak akan terwujud tanpa partisipasi dari pembentukan moral oleh lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, tenaga pendidik peserta didik, serta pengendali moral dari agama.




















DAFTAR PUSTAKA


Drajat, Zalcah. Pendidikan Agama. Jakarta : Bulan Bintang. 1975
Nata, H. Abadin. Managemen Pendidikan. Jakarta Timur : Penada Media. 2003



0 comments:

Post a Comment

Ley's. Powered by Blogger.