Akhlak


Akhlak mulia adalah tujuan dari semua kaum muslimin, karena dg akhlak yg mulia maka ALLOH SWT akan selalu menjadikan orang tsb sebagai orang2 pilihan-Nya. Untuk seorang anak, ada beberapa akhlak yg mesti diperhatikan dan dijadikan renungan oleh orang tua:
1. Akhlak Anak Kepada ALLOH SWT
Dengan dasar surat Lukman(31):13,“Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar”.” maka seorang anak DILARANG untuk menyekutukan ALLOH SWT.
Syirik adalah dosa besar, yg tidak akan ALLOH SWT ampuni, karena dg syirik maka berarti kita mengakui bahwa ada tuhan lain yg wajib disembah selain ALLOH SWT. ‘Sial’nya, perbuatan yg (menuju ke arah) syirik semakin banyak diterapkan dan ‘diajarkan’ dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adanya kemunculan bidadari, topeng2 sakti, dst.
2. Akhlak Anak Kepada Orang Tua
Seorang anak diperintahkan untuk taat, patuh, dan berbakti kepada orang tuanya, sebagaimana tercantum pada surat Lukman(31):14,“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”
Seorang anak yg telah dewasa WAJIB membantu, menjaga, dan melindungi kedua orangtuanya. Seorang anak tidak boleh mencaci, mencerca, dan mengumpat serta perbuatan buruk lainnya kepada orang tuanya. Hal ini nampak jelas pada surat Al Israa’(17):23,“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”
3. Akhlak Anak Dalam Masyarakat
Bimbingan kepada anak akan berpengaruh terhadap aktivitas anak tersebut di masyarakat kelak. Untuk itu, para orang tua mesti berhati-hati dalam mendidik seorang anak, jangan sampai setelah besar, si anak itu malah melakukan tindakan yg membuat malu orang tuanya.

0 comments:

Post a Comment

Ley's. Powered by Blogger.